Senin, 14 Mei 2012

Membuat Antena Portable USB Modem Smartfren

Berikut ini saya share cara membuat antena portable usb modem gsm/cdma untuk frekuensi kerja 800 MHz. Hal ini berawal dari sinyal yang hilang-timbul di dalam rumah. Saat ini saya pakai menggunakan modem smartfren CE682 CDMA 2000 x 1/EV-DO Rev-A. Karena kartu yang saya gunakan smartfren, maka antena portable modem saya desain bekerja pada frekuensi 800 MHz.
Sebelumnya mungkin Anda pernah melihat antena yang seperti ini :
Antena seperti di atas harganya bisa ratusan ribu rupiah, namun dengan sedikit trik kita dapat membuat antena dengan kemampuan kerja tidak kalah seperti di atas dengan biaya yang sangat murah bahkan dapat dibilang gratis. Berikut saya share rancangan pembuatan antena modem portable sederhana namun hasilnya luar biasa. Antena Yagi Induksi.
Sebenarnya ada banyak sekali sistem antena omnidirectional yang dapat kita buat. Kali ini saya merancang antena 2 x 5/8 lamda dengan sistem base-loading dan pembalik-fasa. Karena modem yang saya gunakan tidak tersedia konektor antena eksternal, maka pada desain kali ini saya menggunakan sistem induksi. Berikut skema antena portable modem smartfren yang saya buat :
Alat dan Bahan :
  1. Kawat email diameter 2 mm dengan panjang total  sekitar 120 cm
  2. Pipa PVC untuk instalasi listrik
  3. Tang potong, dsb
Cara Pembuatan :
Cara pembuatan antena portable modem gsm/cdma 800 MHz sistem induksi sangatlah mudah karena kita tidak membutuhkan solder menyolder melainkan hanya perlu melakukan pembentukan kawat email sesuai skema gambar di atas. Kita hanya memerlukan 2 buah potongan pipa instalasi listrik pvc sepanjang 5 cm dan 20 cm masing-masing untuk pembalik fase dan untuk penyangga. Penguat sinyal wifi modem.  Untuk lebih jelasnya seperti ini penampakannya :
    
Gambar dari kiri : Base-Loading dan Kumparan Induksi, Tahap Pembalik Fasa, Penampakan Keseluruhan
Memang kelihatan sangat sederhana dan amburadul. Memang saat membuatnya hanya berdasarkan bahan yang ada yang saya ambil dari junk box sehingga praktis tanpa keluar biaya sama sekali. Dari hasil uji coba ternyata sangat memuaskan. Biasanya kondisi sinyal hilang timbul pada level 1 s/d 3 bar, setelah menggunakan antena portable modem tersebut sinyal smartfren dapat mencapai 4 bar stabil gak pernah turun pada jaringan CDMA 1x dan EVDO.
Konstruksi antena portable modem di atas memang masih jauh dari kata layak jual, karena memang asal bikin yang penting dapat berfungsi berdasar teori pembuatan antena. Mungkin para pembaca yang ingin membuat sesuai skema di atas dapat membuat dengan konstruksi yang lebih bagus lagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar